Friday, June 22, 2018

KERAJINAN INDONESIA


KERAJINAN INDONESIA

Budaya Indonesia memang kaya akan seni dan kerajinan. Dalam tekstil, Sumatra menghasilkan beberapa sarung tenun emas dan perak terbaik, yang dikenal sebagai songket; Wanita Sulawesi Selatan memproduksi sutera tenunan tangan berwarna-warni, sementara Bali, Flores dan Timor menghasilkan beberapa tekstil terbaik dari serat alami menggunakan motif rumit. Dalam kerajinan kayu, pengrajin Bali menghasilkan patung-patung yang indah, seperti halnya Asmat di Papua, baik tradisional maupun modern, pengrajin Jawa Tengah memproduksi furnitur berukir halus, sementara pembuat kapal Bugis dari Sulawesi Selatan terus membangun sekunar "phinisi" megah yang mengapung di laut Indonesia. sampai hari ini.

Kerajinan juga dikembangkan dari penggunaan barang-barang rumah tangga setiap hari yang dihiasi dan digunakan untuk keperluan upacara. Saksikan berbagai penggunaan kayu alam, serat, bambu, rotan dan rumput. Pewarna alami dan kimia, manik-manik dan ornamen alami lainnya digunakan untuk menghias barang-barang ini, banyak yang telah berkembang dari waktu ke waktu menjadi bentuk seni yang khas. Kerajinan tangan dan benda-benda seni beragam mulai dari barang-barang sehari-hari yang unik di Indonesia, hingga barang-barang koleksi satu-satunya, dengan kisaran yang sangat lebar di antaranya.

UkiranBali sangat kaya. Patung-patung batu dari berbagai Hindu yang rumit di Jawa atau sarkofagus hiasan dari Sumatera adalah peninggalan arkeologis nilai, tetapi hanya di Bali adalah ukiran batu yang rumit masih dilakukan (terlepas dari yang mungkin menghiasi beberapa rumah Jakarta kelas atas atau bangunan umum). Ukiran kayu lebih umum. Batu vulkanik diukir untuk menciptakan patung-patung yang menggambarkan karakter dari mitos dan epos Indonesia kuno. Batu Carvingare ini terutama ditemukan di Yogyakarta dan Bali di mana tradisi ukiran batu berasal lebih dari 900 tahun dan sangat berkembang selama pembangunan kuil utama di daerah-daerah ini.

Tulang, karet, batok kelapa, serat, tanduk dan bahan alami lainnya digunakan dalam banyak kerajinan rakyat dari pipa tiup, patung-patung, tas, barang-barang penyimpanan, payung yang dilukis, dan bahkan kapal yang seluruhnya terbuat dari cengkeh.

No comments:

Post a Comment